Selasa, 15 November 2011

Cara membuat tabel F dan t dengan menggunakan Microsoft Excell

Halo teman-teman mahasiswa Fekon yang gaul and smart. di sini saya mau posting cara untuk membuat tabel distribusi F dan t.
Apa sebetulnya tabel F dan t itu............? apa kegunaannya............?
Tabel F dan t merupakan tabel distribusi yang dapat di gunakan untuk menentukan penerimaan hipotesis dalam sebuah penelitian. Tabel F digunakan untuk pengujian hipotesis secara simultan atas pengaruh variabel bebas (X1, X2, X3........Xn), sedangkan tabel t di gunakan untuk pengujian hipotesis secara parsial.
Dengan demikian, khusus bagi teman-teman yang sedang menyusun skripsi, yang menggunakan alat Analisis Regresi Berganda (Multiple Regression Analysis) pasti sangat membutuhkan kedua tabel ini.
Tabel distribusi F dan t sebenarnya sangat mudah di dapatkan, kita bisa menemukannya pada hampir setiap buku-buku statistik (biasanya ada pada halaman akhir). Namun masalahnya, tabel distribusi F dan t yang ada pada buku-buku statistik terbatas jumlah sampel (n) nya. Biasanya di dalam buku-buku statistik, kita hanya menemukan tabel F dan t dengan jumlah sampel dari 1 sampai 30 (n=30). Hal ini sangat mengecewakan apabila penelitian yang kita lakukan menggunakan sampel lebih dari 30 (n>30).
Nah, bagi teman-teman yang membutuhkan tabel distribusi F dan t dengan jumlah sampel yang banyak, di sini saya sajikan link download  cara membuat tabel F dan t dengan menggunakan Microsoft Excell.
Caranya sangat mudah. Langsung download saja file 'pdf' nya dengan mengklik tulisan "download" di bawah ini                                  

Sampai di sini dulu ya..... postingan kali ini. Semoga membantu.

Berikan Pertanyaan atau Komentar